• Day 2 : Pie Apel, Ayam Penyet dan Singkong Keju

    Pie Apel

    Resep ini saya ambil dari buku resep terbaik yang sampai saat ini saya miliki, buku karangan Sisca Soewitomo, 30 Menu untuk 1 Bulan. Resep2 yg saya coba, langsung berhasil, meski sebelumnya tak pernah memasak menu itu.. sip dah.
    Ketika membaca resep dan cara membuatnya, ada satu alat yang tidak saya punya, pisau pastry, atas masukan suami saya modifikasi dengan menggunakan pengaduk mixer.. ternyata berhasil.



    Untuk resepnya , check it out 
    Kulit Pie 

    1. Campur rata 300gr tepung terigu  protein sedang, 3 sdm gula bubuk dan garam secukupnya.
    2. Tambahkan 175gr mentega, campur rata dengan menggunakan pisau pastry sampai adonan seperti butiran pasir karena butiran mentega terbungkus tepung.
    3. Masukkan 1 butir telur dan kurang lebih 5sdm air es (harus air yang dingin). Aduk dengan spatula sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Istirahatkan adonan 30menit.
    TIPS : no hands at all... cukup pakai spatula aja


     Apel sebagai isi

    1. Didihkan 1 buah kayu manis dalam 100cc air. Setelah harum tambahkan 75 gr gula.
    2. Masukkah 250gr apel yang telah diiris tips. Masak sampai layu dan tidak air asat.

    Pie Apel

    • Cetak kulit pie sebagai dasar. Panggang 5-10 menit. Angkat
    • Isi dengan Apel lalu tutup dengan kulit pie. Olesi dengan kuning telur dan panggang lagi sampai matang.

    Ayam Goreng

    Jatuh bangun saya mencoba membuat ayam goreng yang cukup enak. Entah kenapa meski sudah mencoba berbagai resep saya belum bisa membuatnya. Akhirnya, ketika ada kakak ke rumah, saya minta dia masak ayam goreng dan pelototin setiap prosesnya. Ternyata saya kurang pas di perbandingan bumbu2nya.. 

    Nih hasil saya nyontek :
    • Untuk 1/4 kg ayam, haluskan 3 siung bawang putih sedang, 3 cm kunyit yg sedang (bukan bagian empu, kira2 sebesar telunjuk), dan sepucuk sdt ketumbar. 
    • Beri air secukupnya, kemudian masak bersama ayam sampai air habis dan ayam matang.
    •  Untuk lebih lezatnya tambahkan daun jeruk purut dan serai yang digeprak.
    • Siap digoreng.



    Sambel Penyet

    Kali ini saya akan membagi resep untuk sambal penyetan yang umum, yaitu bahan2nya digoreng terlebih dahulu, baru kemudian digerus.

    Goreng setengah matang 5 cabai rawit, satu cabai merah, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih dan 1 buah tomat.
    Gerus dalam cobek, lalu tambahkan terasi goreng sangrai, garam dan gula. 
    Beri perasan jeruk sambal. Pasti seugeernya

    Singkong Keju

    Singkong keju bikinan saya agak berbeda. Resep singkong keju pada umumnya digoreng, saya lebih suka tanpa digoreng, untuk meminimalkan konsumsi minyak.  
    Jadi hanya singkong yang dikukus, lalu setelah merekah dan diangkat, diberi keju parut, jenis yg gampang meleleh (keju quick melt)..
    still yummy & healthier...

6 comments:

  1. baik pisau pastry maupun mixer dan pengaduknya tidak ada di dapur he he he... *ketahuan kalau gak doyan masak*

  2. eiya mbak,,,, parutan keju atau keju parut???

  3. dee said...

    hehe.. bisa dimodifikasi kok, intinya bisa membuat mentega menjadi butiran2 kecil, mungkin garpu bisa, aduk2 aja, jangan ditekan2..

    oucchh... keju parut maksudnya... *ketahuan klo srg nyemil alat masak..* naah lhooo... :D

  4. dee said...

    makasih koreksinya.. ^.^

  5. siiipp.. kalau ada kesempatan akan mencoba menggunakan garpu sebagai pisau pastry..
    sudah ditambah foto pisau pastry nih, pasti sangat bermanfaat buat yang buta urusan masak-memasak kayak saya ^^,

  6. dee said...

    Alhamdulillah kalo bisa memberi manfaat.. :D

Post a Comment