• 4 Golongan Wanita Penghuni Surga


    Tulisan ini saya dedikasikan untuk seorang adik kelas dan kakak kelas saat saya kuliah di Jurusan Biologi, Universitas Brawijaya, Malang. Meski hanya sepintas lalu mengenalnya, tapi saya salut atas ketabahannya menghadapi cobaan...

    Saudariku-saudariku.. janganlah berkecil hati.. ayo segera bangkit dari kesedihan.. Meski saya membayangkan cobaan yang dialami saja tak bisa, perkenankan saya menyemangati... karena hanya ini yang bisa saya lakukan..

    Kemaren ketika saya meng-interospeksi diri sebagai seorang istri... saya juga menemukan hadist tentang 4 Golongan Wanita Penghuni Surga.... berbahagialah semua yang termasuk dalam golongan wanita penghuni surga. Meski saya masih jauh dari baik.. bolehlah hamba ini bercita-cita demikian... Semoga kita semua mendapat hidayah, petungjuk, kekuatan untuk selalu meneladani wanita-wanita penghuni surga.. Amiin..

    Dalam sebuah hadist, Nabi SAW. bersabda :
    "Empat ciri wanita yang berada di Syurga dan empat ciri wanita yang berada di Neraka"

    Dan beliau menyebutnya di antara 4 ciri perempuan yang berada di Syurga adalah :
    1. Perempuan yang selalu menjaga dir dari berbuat haram dan selalu berbakti kepada Allah dan suaminya. Istri tidak wajib taat suruhan dan arahan suami, apabila suruhan itu bertentangan dengan hukum Allah SWT.

    2. Perempuan yang banyak keturunannya dari penyabar serta menerima dengan senang hati dengan keadaan yang serba kekurangan (dalam kehidupan) bersama suaminya. Sabda Rasulullah SAW, " Jihad seorang wanita adalah taat pada suami dan menghiaskan diri untuknya."

    3. Perempuan yang bersifat pemalu. Jika suaminya pergi, maka ia menjaga dirinya dan harta suaminya. Jika suaminya datang ia mengekang mulutnya dari perkataan yang tidak layak kepadanya.

    4. Perempuan yang di tinggal mati oleh suaminya dan ia mempunyai anak-anak yang masih kecil, lalu ia mengekang dirinya hanya untuk mengurusi anak-anaknya dan mendidik mereka serta memperlakukan mereka dengan baik kepada mereka dan tidak bersedia kawin karena khawatir anak-anaknya akan tersia-sia.


    Maaf jika apa yang saya lakukan ada yang tidak berkenan dan membuat hati mbak tidak nyaman... tapi sungguh maksud saya hanya ingin memberi wacana hikmah dari cobaan yang ada.. Tetap semangat yaa...

    hadist ini menjadi satu dengan wanita penghuni neraka.. selengkapnya bisa dibaca disini disini 
    Astagfirullah hal adzim.. semoga kita dijauhkan dari golongan-golongan tersebut

0 comments:

Post a Comment