• Bom Mangut Ikan

    Resep lagi?
    Hehe..  bbrp hari ini hobby saya yg satu ini muncul terus.. ya saya tindak-lanjuti dech..

    Kemaren saya baru tahu klo tetangga saya jual ikan segar, lgs ngambil dr nelayan di Probolinggo (perjalanan kurang lebih 2 jam dr Malang)

    Waktu belanja, ternyata ikannya tinggal Kerapu dan Hiu. Hiu??  yup.. tp ini Hiu Cucut, jd Hiu yg melimpah dan tidak dilindungi..

    Utk Ikan Kerapunya saya bakar seperti  biasa.. Nah.. utk Hiunya ini yg jadi masalah, sebelumnya saya tidak pernah memasaknya. Tanya ke mas Google, ada yang di steak, di sup dan bakar. Tapi kok belum sreg memasaknya dengan resep-resep itu.
    Searching lagi.. akhirnya ada resep mangut, cek bumbu, cek bahan, semua lengkap. Tp kemudian saya ubah resepnya.

    Jadilah  "Bom Mangut Ikan" kreasi chef Desy.. 



    Kenapa 'bom"? apalagi klo bukan pedasnya yang meledak di mulut.. Saya cukup puas, demikian juga suami dan teman-teman yang maen ke rumah..  

    So.. pgn coba??  cekidot...
    Bahan  :
    • 1 ekor Ikan Segar (krg lbh 1 kg)
    • 250ml santan kental
    • 1 ikat kemangi
    • 1 buah Jeruk Nipis
    Bumbu :
    • 7 Bawang Merah
    • 5 Bawang Putih
    • 7 Cabe Besar Merah
    • 1 ons Cabe Rawit
    • 1 sdt terasi bakar
    • 5cm Lengkuas
    • 3 btg Sere
    Cara Membuat : 
    1. Bersihkan Ikan. Lumuri dengan bawang putih halus dan jeruk nipis. Taburi dengan sedikit garam dan merica. Biarkan 20-30mnt. Panggang dengan api kecil sampai matang.
    2. Rebus cabe merah dan cabe rawit sampai empuk. Tiriskan. Potong kasar bawang merah dan bawang putih, goreng dengan sedikit minyak smapai harum. Angkat. Haluskan dengan cabe rebus dan terasi. 
    3. Masukkan santan dan bumbu dalam panci, aduk terus sampai mendidih dan mengental (asat). Tambahkan 2 gengam kemangi. Angkat.
    Cara Penyajian : Tata ikan panggang di atas piring, siram dengan saus mangut

    Mari makaan.. 

    Jangan lupa siapkan minum yaah... :D

3 comments:

  1. aseeekk.. aseeekkk... saya coba resepnya. tapi untuk Erdi nih.. jdnya santan saya ganti dengan susu UHT, jumlah cabe dikurangi :D

    thanks atas resepnya

  2. dee said...

    sama2.. klo utk erdi brp nih cabenya?

  3. Mungkin 1 atau 2 butir dulu... he he he...

Post a Comment